Tugu Pamulang: Tugu Kebanggan Warga Tangsel

Tugu Pamulang telah berganti rupa. Setelah sempat menjadi bahan olok-olokan, khususnya oleh warganet, kini tugu yang terletak di Bundaran Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten itu, menjadi ikon yang bisa dibanggakan oleh warga Tangsel, khususnya warga Pamulang.

Revitalisasi Tugu Pamulang dilakukan setelah ramai diperbincangkan oleh warganet (netizen) dan viral pada sekitar April 2021 lalu. Bangunan tugu itu mendapatkan kritikan keras terkait desain yang jauh berbeda dari rancangannya, bahkan dianggap tak ubahnya seperti toren air. Namun, setelah sekitar sembilan bulan sejak berpolemik, wajah baru Tugu Pamulang diresmikan pada 8 Januari 2022.

Tugu Pamulang Dahulu

Dalam sejumlah postingan di media sosial, banyak warga yang menilai bangunan tersebut tidak seperti tugu. Beberapa di antaranya bahkan mengira Tugu Pamulang adalah menara penampungan air karena bentuknya tidak seperti tugu di kota-kota lain. Tugu tersebut hanya berupa tiang-tiang melingkar. Di bagian atasnya dipasang kubah berukuran sedang warna putih.

Tugu Pamulang Dahulu Kala

Tak ada ornamen atau hiasan apapun pada tugu yang disebut-sebut sebagai ciri khas kawasan Pamulang, Tangerang Selatan itu. Sementara pada rancangan awal yang beredar, tampak Tugu Pamulang akan berbentuk Hexagon dengan kubah kecil atasnya. Terdapat ornamen yang menghiasi tiang-tiang tugu.

Tugu Pamulang Terbaru

Tugu Pamulang di Kota Tangerang Selatan kini sudah tidak hanya sebagai sebuah ikon bangunan yang berdiri di antara simpang yang menghubungkan tiga Provinsi, Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Tetapi Tugu Pamulang yang dibangun dari APBD Pemprov Banten itu kini disulap menjadi sebuah ikon yang kaya akan filosofi.

Wajah Tugu Pamulang Terkini

Tugu Pamulang kini sudah berdiri di atas dasar yang berbentuk piramida segi enam terpancang dengan gagah nan elegan. Tak bosan mata memandang dalam waktu lama sekalipun.

Pemenang sayembara desain Tugu Pamulang yang diketuai oleh Dedi Kurniadi dengan anggota Oma Marta Wijaya sengaja meletakkan unsur kekuatan karakter historikal, religiusitas dan modern di dalam desain perencanaan pembangunan Tugu Pamulang itu. Sehingga ketika semuanya itu dipadukan senja di satu kesatuan utuh, muncullah sebuah karya seni yang paripurna dan keelokannya menyatu dengan jiwa masyarakat Kota Tangerang Selatan serta masyarakat Banten pada umumnya.

Demikianlah postingan kali ini mengenai “Tugu Pamulang: Tugu Kebanggaan Warga Tangsel“. Mari kita menjaga Aset Kota tangsel ini dengan sebenar – benarnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.