Mengenal Lebih Dekat Dengan Fast Charging

Fast Charging atau Quick Charge | Belakangan ini setiap HP keluaran terbaru kebanyakan menyematkan istilah Fast Charging sebagai fitur andalan mereka. Dengan hadirnya teknologi yang makin canggih ini, memungkinkan pengguna membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mengisi daya di baterai HP sehingga dapat dengan cepat menggunakan perangkat buat aktivitas. kali ini admin Dtangsel akan membahas lebih dalam apa itu Fast Charging atau yang akan kita kenal dengan pengisian cepat Adaptif.

Teknologi Fast Charging

Fast Charging merupakan teknologi yang terdapat pada perangkat dan charger untuk mengatur pengisian daya lebih cepat. Jadi, tidak butuh waktu lama saat mengisi daya baterai perangkat. Teknologi ini mulanya tersemat untuk smartphone, namun akhirnya diterapkan di power bank.

Untuk menjalankan fitur pengecasan cepat, perangkat serta charger harus saling mendukung. Tak heran, ada alat pengisian yang hanya kompatibel dengan merek mereka sendiri, seperti OPPO atau Realme.

Fast charge sendiri memang dirancang untuk memenuhi perkembangan chipset dan komponen HP lainnya yang semakin tinggi. Saat ini, hp-hp keluaran terbaru memiliki spek yang mumpuni, sehingga kinerja handphone semakin tinggi dan memakan konsumsi daya yang besar. Maka tak heran teknologi fast charging hadir untuk menunjang kebutuhan pengguna.

Pada umumnya fast charging atau pengisian daya cepat sendiri sendiri hanya akan optimal hingga baterai mencapai 70% – 80%. Namun pada persentase selanjutnya terjadi penurunan kecepatan pengisian daya yaitu pada puncaknya dari 80% hingga 100%. Namun kecepatan ini pun bergantung pada hardware yang digunakan, dan besaran watt yang dapat masuk.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, teknologi pengisian daya cepat ini sudah ada sejak beberapa tahun silam. Nah, pada awal kemunculannya, fast charging di smartphone masih menggunakan besaran 5 Watt dengan kombinasi 5V 1A atau lebih kecil lagi 2,5 Watt dengan kombinasi 5V 0,5A.

Dengan besaran yang hanya sebesar itu, maka pengisian daya baterai tidak lebih cepat ketimbang fast charging saat ini. Selain itu juga cukup memakan waktu dan hanya lebih unggul cepat dibanding pengisian daya baterai biasa.

Quick Charge dan Fast Charge, Sama Atau Berbeda?

Perbedaan Quick Charge dan Fast Charging

Pada beberapa pabrikan ponsel, istilah pengisian daya cepat sendiri berbeda. Beberapa pabrikan menamainya dengan istilah Quick Charge dan Fast Charge. Lalu apakah kedua istilah tersebut berbeda? lalu bagaimana cara kerjanya?

Jawaban untuk pertanyaan umum ini yaitu kedua istilah tersebut mengacu pada arti dan fungsi yang sama, sama-sama teknologi pengisian daya cepat.

Istilah fast charge umumnya lebih banyak disematkan oleh pabrikan smartphone flagship. Sementara untuk istilah quick charge sendiri merupakan trademark dari pabrikan Qualcomm yang juga berarti teknologi pengisian daya cepat.

Nah, saat ini standar yang digunakan untuk quick charge adalah 5.0. Yang mana pada standar terbaru ini memiliki kinerja yang lebih jauh efisien bila dibandingkan generasi quick charge pada versi sebelumnya. Dengan berkembangnya teknologi pada pabrikan quick charge, maka suhu baterai menjadi lebih stabil dan mengurangi resiko overheat pada baterai, juga dapat memperpanjang umur baterai itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Fast Charging

Sebagian orang mungkin bertanya, apakah kelebihan dan kekurangan fast charging?

Kelebihannya tentu saja Anda akan menghemat waktu, baterai terisi dengan lebih cepat maka waktu Anda bermain dengan gadget Anda pun lebih panjang.

Kekurangannya? Bisa dibilang tidak ada sama sekali. Tidak ada dampak negatif pada fast charging karena biasanya perangkat yang mendukung fast charging tentu sudah dirancang sedemikian rupa agar aman ketika pengisian cepat dilakukan. Charger, baterai, dan perangkat biasanya sudah dirancang untuk itu.

Yang membuat dampak negatif pada sebuah perangkat semisal ponsel biasanya adalah panas. Jadi pastikan pada saat pengisian cepat Anda tidak memainkan ponsel Anda, dan letakkan di tempat yang dingin.

Ya ada peningkatan suhu panas pada baterai dan perangkat pada saat fast charging bekerja..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.