Macam – Macam Beasiswa Yang Ada di UIN Syarif Hidayatullah

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu kampus Negeri yang berada di Kota Tangerang Selatan. Sebagai Salah satu Kampus Negeri, UIN Syarif Hidayatullah menyediakan beragam beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi, maupun mahasiswa yang terkendala pada finansial. Adapun berbagai beasiswa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dikelompokan menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu:

Gedung UIN Syarih Hidayatullah Jakarta

Beasiswa Internal

Beasiswa Internal merupakan beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang penyelenggaraan maupun pendanaannya berasal dari internal UIN itu sendiri. Adapun beasiswa internal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terdiri dari:

Beasiswa STF (Social Trust Fund)

Beasiswa STF merupakan program yang bertujuan untuk memberikan beasiswa bagi pelajar, santri dan mahasiswa dari berbagai latar belakang yang sedang belajar di dalam maupun luar negeri terutama mereka yang tidak mampu dan berprestasi. Selain memberikan beasiswa, juga memberikan kegiatan pendampingan dan pemberdayaan. Adapun beasiswa STF terbagi menjadi 8 bagian yaitu meliputi:

  1. Beasiswa Prestasi. Beasiswa prestasi merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa yang berprestasi dengan capaian akademik memuaskan. Dengan adanya beasiswa ini diharapkan mampu memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan prestasinya.
  2. Beasiswa Bagi Mereka Yang Kurang Beruntung. Beasiswa bagi yang kurang beruntung merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial dalam melanjutkan studi. Tetapi calon penerima beasiswa ini juga harus menunjukkan prestasi akademik yang baik sebagai pertimbangan lainnya. Beasiswa ini diharapkan dapat membantu kelancaran studi mahasiswa tersebut.
  3. Beasiswa Bagi Pelajar di Daerah Terpencil. Beasiswa bagi pelajar di daerah terpencil merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada para pelajar yang berada pada daerah ataupun desa terpencil yang membutuhkan bantuan dalam melanjutkan studinya. Beasiswa ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah mereka dalam proses belajar.
  4. Beasiswa Bagi Pelajar di Daerah Konflik. Beasiswa bagi pelajar di daerah konflik merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada para pelajar yang mengalami hambatan dalam meneruskan studinya dikarenakan konflik yang terjadi di daerahnya.
  5. Beasiswa Calon Guru dan Da’i. Beasiswa calon guru dan da’i merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada para mahasiswa yang memiliki minat keinginan kuat mengabdi di tengah masyarakat sebagai guru dan da’i di daerah terpencil.
  6. Beasiswa Bagi Santri. Beasiswa bagi santri merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada para santri di daerah yang memiliki keterbatasan finansial maupun santri yang memiliki prestasi.
  7. Beasiswa Calon Dokter dan Perawat. Beasiswa calon dokter dan perawat merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa yang sedang menempuh studi Kedokteran dan memiliki keinginan untuk berkontribusi dan mengabdi di masyarakat.
  8. Beasiswa Penggerak Pembangunan Desa. Beasiswa penggerak pembangunan desa merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada para mahasiswa yang memiliki keinginan kuat untuk membangun desa dan mengabdi pada masyarakat desa.
Beasiswa BLU (Beasiswa Badan Layanan Umum)

Beasiswa BLU merupakan beasiswa yang berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam mengadakan program beasiswa ini, UIN mendapatkan pendanaan dari hasil subsidi uang pendaftaran mahasiswa serta uang semester. Selain itu, terdapat pula pendanaan dari hasil kerja sama UIN dengan lembaga lain misalnya Kementerian Agama.

Beasiswa Eksternal

Beasiswa eksternal merupakan beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berasal dari hasil mitra antara UIN dengan pemerintah, swasta, yayasan atau perusahaan. Adapun beasiswa eksternal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terdiri dari:

  1. Beasiswa Bidikmisi. Beasiswa Bidikmisi diperuntukkan kepada calon mahasiswa baru UIN, yang kini berubah nama menjadi beasiswa KIP.
  2. Beasiswa DIPA. Beasiswa DIPA merupakan beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diperuntukan kepada mahasiswa miskin dan berprestasi. Beasiswa DIPA berlaku untuk mahasiswa yang sudah berada di semester 4 dengan minimal IPK sebesar 3,00.
  3. Beasiswa Dompet Dhuafa. Beasiswa ini diperuntukan kepada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terkendala finansial tetapi berprestasi dengan bantuan berupa uang saku selama kuliah.
  4. Beasiswa BI. Beasiswa yang diperuntukan kepada calon mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang merupakan hasil kerjasama UIN dengan Bank Indonesia.
  5. Beasiswa Djarum Plus. Beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari hasil mitra antara UIN dengan Djarum Foundation.
  6. Beasiswa Tahfidz Al Qur’an. Beasiswa yang diperuntukan kepada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta semester 2 hingga semester 8 dengan persyaratan mampu menghafal Al Qur’an dengan minimal 10 Juz.
  7. Beasiswa KSE. Beasiswa yang diperuntukan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Beasiswa ini berasal dari Yayasan Karya Salemba Empat.
  8. Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU). Beasiswa KJMU merupakan program pemberian bantuan biaya Peningkatan Mutu Pendidikan yang diberikan kepada calon/mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.
  9. Beasiswa Bazis. Beasiswa Baznas ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta dalam program bantuan biaya pendidikan mahasiswa.
  10. Beasiswa Supersemar. Beasiswa Supersemar ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan. Beasiswa ini dikelola oleh Yayasan Supersemar.
  11. Beasiswa Orbit. Beasiswa Orbit ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa yang berprestasi tetapi terkendala finansial.
  12. Beasiswa ISE PT Bank
  13. Beasiswa Bank Mandiri, dan
  14. Beasiswa Bimantara.

Persyaratan dan prosedur pengajuan beasiswa tersebut dapat ditanyakan langsung ke Bagian Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan di fakultas masing-masing.***