Cara Menonton Siaran TV Digital

Dtangsel | Untuk bisa menonton siaran televisi digital, hal pertama yang perlu kamu pastikan bahwa di daerahmu sudah terdapat siaran televisi digital. Kedua, kamu memerlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog. Ketiga, pastikan bahwa televisi di rumahmu sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2.

Televisi yang tipis dan berlayar datar belum tentu bisa menangkap siaran digital. Untuk itu, pada fitur setelan di masing-masing televisi, cek apakah perangkat memiliki opsi analog televisi dan digital televisi.

Jika ada digital televisi, maka perangkat sudah bisa menangkap siaran televisi teresterial digital. Perangkat televisi digital antara lain ditandai dengan teknologi DVB T2.

Jika perangkat televisi masih model lama, misalnya TV tabung yang berlayar cembung, artinya perangkat tersebut masih analog. Masyarakat perlu memasang perangkat set top box, jika belum bisa membeli perangkat televisi digital.Set top box ini dipasang di antara antena dan pesawat televisi. Masyarakat masih bisa menggunakan antena lama, tidak perlu membeli antena baru, jika belum rusak, untuk menonton siaran televisi digital.

Cara Pasang Set Top Box

Cara memasang set top box pun cukup mudah, sambungkan kabel HDMI atau kabel RCA jika perangkat televisi tabung.

Silahkan cek terlebih dahulu BACKPANEL TELEVISI Anda, input apasajakah yang ada, apakah ada AV-in, Component Input, SPDIF, atau sudah HDMI.

Gambar di bawah ini adalah BACKPANEL STB DVB-T2 milik Anda:

BACKPANEL STB DVB-T2

Lalu sesuaikan kabel yang bisa Anda terapkan pada TV dan STB Anda, apakah akan menggunakan kabel AV, atau kabel Composite, ataukah kabel HDMI. Dan perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda membeli STB dari saya, di dalamnya sudah ada kabel AV bawaan pabrik.

Berikut adalah contoh kabelnya:

Kabel HDMI
Kabel Composite Video
kabel composite video + audio
kabel SPDIF
kabel audio video (AV)
kabel audio

Pemasangan Antena agar tetap bisa menyaksikan siaran Analog :
( kabel AV/HDMI tidak berubah )

  1. Menggunakan kabel jumper dari Loop Out STB ke Televisi
    Kelemahan cara ini adalah apabila STB dimatikanmaka biasanya siaran analog jadi lebih bersemut
  2. Membuat cabang dari antena ke STB dan Televisi
    Kelemahan dari cara ini adalah apabila antena dan kabel tidak bagus, maka mengakibatkan signal digital pada STB dan signal analog pada TV akan BERKURANG DRASTIS
  3. Menggunakan RF Amplifier
    Cara ini adalah cara yang paling saya anjurkan karena perhitungan impedansi tidak berubah dan signal akan lebih sempurna masuk ke STB dan TV bahkan bisa untuk beberapa lokasi TV lain di rumah Anda.

Cara Memasang Set Top Box Secara Umum

CATATAN PENTING

  • Harap diperhatikan, ketika Anda melakukan pemasangan baik di televisi maupun di STB, sebaiknya Anda cabut dulu listrik pada perangkat Anda seperti televisi, player, ataupun STB yang saling berhubungan, hindari pemasangan saat hujan. Jauhkan istri dan putra-putri Anda untuk sementara waktu demi keselamatan Anda dan keluarga,
  • Pasang kabel yang telah Anda pilih, untuk kabel AV silahkan masukkan di AV in pada TV Anda dan hubungkan di AUDIO dan VIDEO pada STB, untuk kabel composite, harus disertakan kabel audio juga, jadi disini ada 5 plug yang terpasang pada masing-masing TV dan STB, untuk kabel HDMI lansung saja di TV pada HDMI in dan di STB pada HD PORT. Kabel ini sudah mendukung audio dan audio.
  • Pasang kabel pigtail di LOOP OUT pada STB, hubungkan dengan Antenna Input pada TV Anda, ini bertujuan agar anda tetap bisa menyaksikan siaran TV Analog dan Digital DVB-T di TV Anda tanpa harus memindah plug antena.
  • Pasang plug antena UHF Anda di ANT IN pada STB
  • Tancapkan plug listrik untuk TV maupun STB Anda, hidupkan TV dan STB, pilih source input di TV anda, lalu hidupkan saklar STB di bagian belakang.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya di buku petunjuk
  • Agar tidak salah membeli, cek situs Siaran Digital Indonesia untuk melihat spesifikasi dan merk set top box yang sudah memenuhi standard Kominfo. Perangkat tersebut biasanya disertai stiker Siap Digital.

Demikianlah postingan kali ini mengenai “Cara Menonton Siaran TV Digital“. Semoga bermanfaat buat Sahabat Dtangsel.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.